LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan melingkari angka ada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kejelasan perumusan tujuan   pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku   hasil belajar)
1 2 3 4 5
2
Pemilihan materi ajar   (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1 2 3 4 5
3
Pengorganisasian materi   ajar (Keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1 2 3 4 5
4
Pemilihan sumber/media   pembelajaran (sesuai dengan materi, tujuan dan karateristik peserta didik)
1 2 3 4 5
5
Kejelasan skenario   pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti, dan penutup)
1 2 3 4 5
6
Kerincian skenario   pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada   setiap tahap)
1 2 3 4 5
7
Kesesuaian teknik dengan   tujuan pembelajaran
1 2 3 4 5
8
Kelengkapan instrumen   (soal, kunci, pedoman penskoran)
1 2 3 4 5
Skor Total
………
Serang, 20 Mei 2010
Penilai,
……………………………
NIP.
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan melingkari angka ada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
NO
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kejelasan perumusan tujuan   pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku   hasil belajar)
1 2 3 4 5
2
Pemilihan materi ajar   (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1 2 3 4 5
3
Pengorganisasian materi   ajar (Keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1 2 3 4 5
4
Pemilihan sumber/media   pembelajaran (sesuai dengan materi, tujuan dan karateristik peserta didik)
1 2 3 4 5
5
Kejelasan skenario   pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti, dan penutup)
1 2 3 4 5
6
Kerincian skenario   pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada   setiap tahap)
1 2 3 4 5
7
Kesesuaian teknik dengan   tujuan pembelajaran
1 2 3 4 5
8
Kelengkapan instrumen   (soal, kunci, pedoman penskoran)
1 2 3 4 5
Skor Total
………
Petunjuk skoring setiap perencanaan PPBK :
  1. Skor mentah (Sm)  =       Tentukan skor setiap butir
  2. Skor tertimbang      (St)  =  Skor butir kalikan dengan bobot skor
  3. Skor akhir (Sa)  =       Jumlah skor tertimbang dibagi 40
Serang, …………….2010
Penilai,
………………………………
NIP
LEMBAR PENILAIAN
Petujuk
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran pembelajaran dengan cara melingkari angka ada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
NO
INDIKATOR/ASPEK   YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN
1.
Mempersiapkan   siswa untuk belajar
1 2 3 4 5
2.
Melakukan   kegiatan apersepsi
1 2 3 4 5
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A.
Penguasaan materi pelajaran
3.
Menunjukan   penguasaan materi pembelajaran
1 2 3 4 5
4.
Mengaitkan   materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1 2 3 4 5
5.
Menyampaikan   materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
1 2 3 4 5
6.
Mengaitkan   materi dengan realitas kehidupan
1 2 3 4 5
B.
Pendekatan/strategi pembelajaran
7.
Melaksanakan   pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan   karakteristik siswa
1 2 3 4 5
8.
Melaksanakan   pembelajaran secara runtut
1 2 3 4 5
9.
Menguasai   kelas
1 2 3 4 5
10.
Melaksanakan   pembelajaran yang bersifat kontekstual
1 2 3 4 5
11.
Melaksanakan   pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1 2 3 4 5
12.
Melaksanakan   pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1 2 3 4 5
C.
Pemanfaatan sumber belajar/media   pembelajaran
13.
Menggunakan   media secara efektif dan efisien
1 2 3 4 5
14.
Menghasilkan   pesan yang menarik
1 2 3 4 5
15.
Melibatkan   siswa dalam pemanfaatan media
1 2 3 4 5
D.
Pembelajaran yang memicu dan   memelihara dan keterlibatan siswa
16.
Menumbuhkan   partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1 2 3 4 5
17.
Menunjukan   sikap terbuka terhadap respons siswa
1 2 3 4 5
18.
Menumbuhkan   keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1 2 3 4 5
E.
Penilaian proses dan hasil belajar
19.
Memantau   kemajuan belajar selama proses
1 2 3 4 5
20.
Melakukan   penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1 2 3 4 5
F.
Pengguanaan bahasa
21.
Menggunakan   bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik dan benar
1 2 3 4 5
22.
Menyampaikan   pesan dengan gaya   yang sesuai
1 2 3 4 5
III
PENUTUP
23.
Melakukan   refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1 2 3 4 5
24.
Melaksanakan   tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai   bagian remid/pengayaan
1 2 3 4 5
Total Skor
…………..
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Penilai,
…………………………………..
NIP
Serang, 20 Mei 2010
Penilai,
………………………………………
NIP
LEMBAR PENILAIAN
 
Petujuk
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran pembelajaran dengan cara melingkari angka ada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
NO
INDIKATOR/ASPEK   YANG DIAMATI
SKOR
1.
Agenda kerja guru bimbingan   dan konseling (konselor) (lengkap, relevan)
1 2 3 4 5
2.
Daftar   konseli (siswa) (jumlah, peta permasalahan, waktu pelayanan, jenis pelayanan)
1 2 3 4 5
3.
Data   kebutuhan dan permasalahan konseli
1 2 3 4 5
a.   Hasil amatan langsung konselor
1 2 3 4 5
 
b. Hasil penggunaan   instrumen (tes dan nontes)
1 2 3 4 5
4.
Laporan bulanan   (sistematis, lengkap)
1 2 3 4 5
5.
Laporan semesteran/tahunan   (sistematis, lengkap)
1 2 3 4 5
6.
Aktivitas pelayanan   bimbingan dan konseling
 
a.   Pemahaman
1) Catatan anekdot (ada, lengkap,   bermakna)
1 2 3 4 5
2) Kunjungan rumah (prosedural, lengkap,   bermakna)
1 2 3 4 5
3) Konferensi kasus (prosedural, lengkap,   bermakna)
1 2 3 4 5
4) Sosiometri (ada sosiogram, analisis,   dan tindak lanjut)
1 2 3 4 5
b.   Pelayanan Langsung
1) Konseling individual
1 2 3 4 5
2) Konseling kolompok
1 2 3 4 5
3) Konsultasi
1 2 3 4 5
4) Bimbingan kelompok /klasikal*) : ……….. (isi sesuai berkas)
1 2 3 4 5
5) Bimbingan kelompok /klasikal*) : ……….. (isi sesuai berkas)
1 2 3 4 5
6) Bimbingan kelompok /klasikal*) : ……….. (isi sesuai berkas)
1 2 3 4 5
7) Bimbingan kelompok /klasikal*) : ……….. (isi sesuai berkas)
1 2 3 4 5
8) Referal
1 2 3 4 5
c.   Pelayanan tidak langsung (pilih tiga dari pelayanan sebagai berikut:   papan
bimbingan, kotak masalah, biblikonseling,   audiovisual, audio, media
cetak: liflet, buku saku)
1) …………………………………. (lengkap dan bermakna)
1 2 3 4 5
2) …………………………………. (lengkap dan bermakna)
1 2 3 4 5
3) …………………………………. (lengkap dan bermakna)
1 2 3 4 5
7.
Laporan   hasil evaluasi program bimbingan dan konseling serta tindak lanjutnya
  1. Evaluasi proses dan produk   (lengkap, kesesuaian antar komponen dalam program)
1 2 3 4 5
b.   Analisis dan pengambilan keputusan (tepat   dan akurat)
1 2 3 4 5
c.   Tindak lajut (jelas, realistik, tepat)
1 2 3 4 5
Total Skor
…………..
*) Kegiatan bimbingan kelompok/klasikal yang diisikan untuk dinilai dan bidang pelayanan yang
berbeda.
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Penilai,
…………………………………..
NIP
Serang, …………………. 2010
Penilai,
……………………………………….
NIP
LEMBAR PENILAIAN
Petujuk
Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka ada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik/sangat rendah                 4 = baik/tinggi
2 = tidak baik/rendah                                       5 = sangat baik/sangat tinggi
3 = kurang baik/kurang tinggi
No
Aspek yang   dinilai
Skor
1.
Ketataan   dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut)
1 2 3 4 5
2.
Tanggung   jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misalnya :   melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan jadwal)
1 2 3 4 5
3.
Kejujuran   (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : izin tidak masuk atau tidak   mengajar dengan alasan yang sebenarnya)
1 2 3 4 5
4.
Kedisiplinan   (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai dan mengakhiri   kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)
1 2 3 4 5
5.
Keteladanan   (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal   : menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata,   berpakaian, dll.)
1 2 3 4 5
6.
Etos   kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki   etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam   tugas )
1 2 3 4 5
7.
Inovasi   dan Kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui   olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan   yang ada disekitarnya dalam proses pembelajaran dikelas)
1 2 3 4 5
8.
Kemampuan   menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari   orang lain, misal : mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran   orang lain)
1 2 3 4 5
9.
Kemampuan   berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan   dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi   secara baik dengan sejawat)
1 2 3 4 5
10.
Kemampuan   kerjasama
1 2 3 4 5
Skor Total
…………..
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Serang,…….. Mei 2010
Pengawas,                                                                                Kepala Madrasah
Al-Khairiyah Karang Suraga
…………………………                                                           ……………………….............
 NIP                                                                                          NIP